Pengelasan MMA/SMAW/ARC - Teknik Dasar dan Kesalahan Pemula

Oktober 17, 2023

Pengelasan busur/arc merupakan salah satu  jenis proses pengelasan yang menggunakan busur listrik untuk menghasilkan panas untuk melelehkan dan menyatukan logam. Busur listrik yang tercipta di antara elektroda dan materi las merupakan hasil dari arus searah (DC) atau arus bolak-balik (AC). (PERBEDAAN LAS AC DAN DC)


Untuk menguasai pengelasan MMA/ARC dibutuhkan lebih banyak usaha karena proses pengelasan ini sangat sensitif terhadap posisi ketika mengelas. Mari kita bahas teknik-teknik dasara yang wajib kalian ketahui khususnya untuk welder pemula.


Berikut ini adalah pengaturan awal yang bisa kamu ikuti untuk mulai belajar pengelasan busur:


Materi las: Baja ringan 6mm. Pengelasan busur lebih toleran terhadap logam dan besi yang berkarat jika dibandingkan dengan proses pengelasan listrik lainnya. Tetapi membersihkan materi las dari karat atau kotoran lebih baik dilakukan sebelum memulai proses las.


Elektroda: batang 3.2mm 6013. GUNAKAN ELEKTRODA BERKUALITAS BAIK! Banyak kendala yang dihadapi oleh welder pemula berasal dari kesalahan dalam memilih elektroda. Kenapa elektroda 3.2mm? Karena elektroda ini lebih mudah dipelajari jika dibandingkan dengan batang elektroda 2.5mm.


Ampere: 110 amp. (jika Anda ingin menggunakan batang 2.5mm, kurangi arus menjadi sekitar 80 amp). Menentukan arus saat mengelas akan lebih mudah dilihat dari ukuran elektroda dibandingkan ketebalan materi las.


Polaritas: DCEP (elektroda positif dan ground negatif) polaritas ini adalah kebalikan dari polaritas yang digunakan dalam pengelasan TIG.


Pengaturan di atas merupakan pengaturan standar (semua kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing) yang bisa kamu gunakan ketika baru mulai belajar mengelas. Pada artikel ini juga kita akan membahas mengenai kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan dalam pengelasan busur.